Kamis, 28 Oktober 2010

Cisco | Seni Keamanan Jaringan Pesan | Kriptografi |

Kriptografi adalah ilmu atau seni untuk untuk menjaga keamanan pesan. Ketika suatu pesan ditransfer dari suatu tempat ke tempat lain, isi dari pesan tersebut kemungkinan dapat disadap oleh pihak lain. Untuk menjaga keamanan pesan, maka pesan tersebut dapat di-scramble/diacak atau diubah menjadi kode yang tidak dapat dimengerti oleh orang lain.

Tujuan kriptografi adalah:
Confidentiality. Untuk melindungi identitas pemakai atau isi pesan agar tidak dapat dibaca oleh orang lain yang tidak berhak.
Data Integrity. Untuk melindungi pesan agar tidak diubah oleh orang lain.
Authentication. Untuk menjamin keaslian pesan.
Non repudiation. Membuktikan suatu pesan berasal dari seseorang, apabila ia menyangkal mengirim pesan tersebut

Dalam dunia kriptografi, pesan yang akan dirahasiakan disebut plain teks. Pesan yang sudah diacak disebut cipher teks. Proses untuk mengkonversi plain teks menjadi cipher teks disebut enkripsi. Proses untuk mengembalikan plain teks dari cipher teks disebut deskripsi. Algoritma kriptografi (ciphers) adalah fungsi-fungsi matematika yang digunakan untuk melakukan enkripsi dan deskripsi. Diperlukan kunci yaitu kode untuk melakukan enkripsi dan deskripsi.

Ada dua macam tipe kunci enkripsi yaitu: kunci simetris dan kunci asimetris. Algoritma simetris menggunakan kunci yang sama untuk mengenkrip dan mendeskrip. Algoritma asimetris menggunakan dua kunci, kunci publik untuk enkripsi dan kunci pribadi untuk melakukan deskripsi. Contoh cara kerjanya, jika Romeo ingin mengirim pesan kepada Juliet, maka Romeo akan mengenkripsi pesannya menggunakan kunci publik dari juliet. Ketika juliet menerima pesan dari Romeo maka juliet akan menggunakan kunci pribadinya untuk mendeskripsi pesan dari Romeo.